PTS Pengawas TK/SD 2014



ABSTRAK


Budiyono, S.Pd.MM., Upaya meningkatkan kemampuan guru  dalam menyusun  kisi-kisi  dan naskah soal Ulangan Tengah Semester  melalui pendekatan  BIBI PRABA (Bina Bimbing  Praktik yang Baik ) di Sekolah Dasar Wilayah  Binaan II  UPT  Dindikpora Kecamatan Banjarmagu  Kabupaten Banjarnegara,


Penelitian ini bertolak dari rendahnya kemauan dan kemampuan  guru dalam menyusun kisi-kisi soal dan naskah soal sendiri. Sementara ini ketika Ulangan tengah semester guru menggunakan soal-soal dari Lembar Kerja Siswa yang dibeli gurudan siswa atau guru menyuplik soal –soal ulangan semester yang dibuat bersama-sama di KKG atau soal-soal UKK yang sudah disiapkan dari Dinas Pendidikan Kabupaten.
Penelitian tindakan  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam menyusun  kisi-kisi  dan naskah soal Ulangan Tengah Semester  melalui pendekatan  BIBI PRABA (Bina Bimbing  Praktik yang Baik ) di Sekolah Dasar Wilayah  Binaan II  UPT  Dindikpora Kecamatan Banjarmagu  Kabupaten Banjarnegara
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan ini diperoleh hasil peningkatan kinerja guru dalam menyusun kisi-kisi, dari kondisi awal sebelum tindakan sebesar 12%, setelah tindakan siklus I menjadi 38%, dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 58%. Sedangkan peningkatan kinerja guru dalam menyusun Soal Ulangan Tengah Semester, dari kondisi awal sebelum tindakan sebesar 66%, setelah tindakan siklus I menjadi 78%, dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 89%. Kinerja gabungan pada kondisi awal 45%, setelah siklus I 58 % dan setelah siklus II menjadi 73%.
Hasil penelitian tindakan Pembimbingan, Pembinaan dan Praktek yang baik terbukti memberi dampak peningkatan kinerja guru dalam menyusun  kisi-kisi  dan naskah soal Ulangan Tengah Semester  .
Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Pembimbingan, Pembinaan dan Praktek yang baik dapat   digunakan oleh pengawas sekolah dalam usaha meningkatkan  kemampuan guru dalam menyusun  kisi-kisi  dan naskah soal Ulangan Tengah Semester  , (2) Dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksinya terutama dalam menyusun  kisi-kisi  dan naskah soal Ulangan Tengah Semester  , guru harus senantiasa  konsultasi kepada Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah agar kisi-kisi dan naskah soal Ulangan Tengah Semester yang dibuat  mutunya selalu meningkat, (3) Kesulitan  guru dalam menyusun  kisi-kisi  dan naskah soal Ulangan Tengah Semester  perlu difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kecamatan dan didiskusikan melalui berbagai forum yang ada baik KKG, KKKS maupun KKPS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar