ABSTRAK
Budiyono,
S.Pd.MM., Upaya meningkatkan kemampuan
guru dalam menyusun kisi-kisi
dan naskah soal Ulangan Tengah Semester
melalui pendekatan BIBI PRABA
(Bina Bimbing Praktik yang Baik ) di
Sekolah Dasar Wilayah Binaan II UPT
Dindikpora Kecamatan Banjarmagu
Kabupaten Banjarnegara,
Penelitian ini
bertolak dari rendahnya kemauan dan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal dan naskah
soal sendiri. Sementara ini ketika Ulangan tengah semester guru menggunakan
soal-soal dari Lembar Kerja Siswa yang dibeli gurudan siswa atau guru menyuplik
soal –soal ulangan semester yang dibuat bersama-sama di KKG atau soal-soal UKK
yang sudah disiapkan dari Dinas Pendidikan Kabupaten.
Penelitian
tindakan ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kinerja guru dalam menyusun
kisi-kisi dan naskah soal Ulangan
Tengah Semester melalui pendekatan BIBI PRABA (Bina Bimbing Praktik yang Baik ) di Sekolah Dasar
Wilayah Binaan II UPT
Dindikpora Kecamatan Banjarmagu
Kabupaten Banjarnegara
Metode
penelitian ini adalah penelitian tindakan (action
research) yang dilaksanakan dengan dua siklus.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan ini
diperoleh hasil peningkatan kinerja guru
dalam menyusun kisi-kisi, dari kondisi awal sebelum tindakan sebesar 12%, setelah
tindakan siklus I menjadi 38%, dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi
menjadi 58%. Sedangkan peningkatan kinerja guru dalam menyusun Soal Ulangan
Tengah Semester, dari kondisi awal sebelum tindakan sebesar 66%, setelah
tindakan siklus I menjadi 78%, dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi
menjadi 89%. Kinerja gabungan pada kondisi awal 45%, setelah siklus I 58 % dan
setelah siklus II menjadi 73%.
Hasil penelitian tindakan Pembimbingan,
Pembinaan dan Praktek yang baik terbukti memberi dampak peningkatan kinerja guru
dalam menyusun kisi-kisi
dan naskah soal Ulangan Tengah Semester
.
Selanjutnya
peneliti merekomendasikan: (1) Pembimbingan,
Pembinaan dan Praktek yang baik dapat
digunakan oleh pengawas sekolah dalam usaha meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi
dan naskah soal Ulangan Tengah Semester
, (2) Dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksinya terutama dalam menyusun
kisi-kisi dan naskah soal Ulangan
Tengah Semester , guru harus
senantiasa konsultasi kepada Kepala
Sekolah dan Pengawas Sekolah agar kisi-kisi dan naskah soal Ulangan Tengah
Semester yang dibuat mutunya selalu
meningkat, (3) Kesulitan guru dalam menyusun
kisi-kisi dan naskah soal Ulangan
Tengah Semester perlu difasilitasi oleh
Dinas Pendidikan Kecamatan dan didiskusikan melalui berbagai forum yang ada
baik KKG, KKKS maupun KKPS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar